Cara Merubah Blogspot.Com menjadi .Com

rss

Wednesday, March 17, 2010

Cara Merubah Blogspot.Com menjadi .Com

Custom Domain Blogspot Bagian 1

Assalamualaikum Semuanya...bagaimana kabar anda?? Saya harap anda semua selalu sehat bersama keluarga dan selalu diberikan limpahan rizki yang halal..amieen.
Pada postingan pembelajaran hari ini saya akan mengajarkan kepada anda "Cara menghilangkan embel-embel blogspot menjadi .com". kenapa saya sebut demikian..??Karena khususnya sebagai newbie dalam dunia blogging maupun internet marketing anda tentu kurang faham apa artinya domain dan apa artinya hosting, sehingga disaat anda ingin mencari informasi "Custom Domain Blogspot" maka yang anda ketikkan di google search engine adalah "Cara mengubah blogspot menjadi .com" atau "Cara menghilangkan embel-embel blogspot menjadi .com". Semua itu intinya sama yaitu melakukan "Custom Domain di Blogger"

Sebelum saya membahas lebih jauh mengenai hal ini, yang dimana pada postingan sebelumnya saya membahas artikel mengenai blogspot tidak profesional, karena salah satu alasannya adalah saya mendapatkan email yang pada intinya setiap penjualan atau bisnis internet marketing yang dilakukan dengan embel-embel blogspot adalah tidak profesional dan meragukan. Tentu saja hal ini memancing rasa ingin tahu saya kenapa dia bisa berkata seperti itu, saya juga ingin mengetahui lebih jauh siapa dia dan seperti apa blog yang telah dia buat. mengenai hal itu biarlah tidak saya bahas lebih jauh, biarlah hal itu menjadi rahasia saya sendiri.

Kepada siapa saja anda yang telah senior dalam dunia bisnis internet marketing janganlah selalu membuat opini yang sekiranya bisa mematahkan semangat orang lain dalam belajar, apalagi opini tersebut anda berikan di Kursus Internet Marketing yang anda berikan. menurut saya menggunakan blogspot ataupun wordpress gratisan-kita masih bisa melakukan penjualan lebih dari sebuah blog yang menggunakan domain .com, dan bisa juga mendapatkan penghasilan yang lebih tinggi dari google adsense selama pengelola blog tersebut benar-benar mengurus blog tersebut dengan baik dan memberikan artikel yang bermanfaat kepada para pengunjungnya.

Saya sebenarnya heran kepada internet marketing yang merasa udah senior dan mengatakan blogspot / wordpress tidak profesional, padahal ketika dia pertama kali belajar pastilah mereka menggunakan blogspot/wordpress, tetapi setelah merasa sedikit punya ilmu mereka belaga sok pintar dengan hanya menggunakan dan merubah domain mereka menjadi .com, .org, .net atau lain sebagainya dan mereka berkata 'Blog Saya Profesional'. Saya berani jamin hampir semua Internet marketing yang ada di Indonesia adalah menggunakan basik blogspot dan wordpress sebelum mereka merubahnya ke Custom Domain menjadi .com, .net, .org.

Saya paling tidak suka kepada orang yang mengaku sudah profesional akan tetapi setelah saya check blognya hanyalah blog sampah semata. kenapa saya bilang sampah??
  1. Dalam blog mereka hanyalah terdapat 4-5 artikel saja
  2. Artikel mereka hanyalah artikel hasil Copy Paste artikel milik orang lain
  3. Design'nya acak-acakan
  4. Pengunjungnya sepi
Apabila anda masih seperti itu janganlah coba-coba mengatakan pengguna blogspot/wordpress tidak profesional, berkacalah kepada diri anda sendiri terlebih dahulu. Seorang blogger dan pe-bisnis online sejati tidak hanya akan menampilkan segi kuantitas blognya dengan merubah custom domain menjadi .com akan tetapi diiringi dengan kualitas dari blog itu sendiri dan artikel didalamnya. Bagi anda yang merasa tersinggung dengan saya..silakan hubungi saya atau tinggalkan comment.

Bagi anda yang berminat mengubah 'Custom Domain Blogspot' silakan ikuti dan pahami terlebih dahulu mengenai hal-hal yang saya sebutkan di bawah ini

1. Domain
Apa sih Domain??
secara garis besar arti dari sebuah domain adalah 'alamat blog anda'
misalkan sekarang saya menggunakan alamat "http://devyonline.blogspot.com" berarti itulah domain blog saya sekarang. dan apabila misalkan saya ganti alamatnya menggunakan "Custom Domain" berarti akan menjadi http://devyonline.com, atau http://devyonline.blogspot.net, atau http://devyonline.org maka itulah domain blog saya.


2. Hosting
Apa sih Hosting?
Hosting kalo diibaratkan adalah sebagai hardisk. Hardisk di dalam sebuah komputer sebagaimana kita ketahui adalah  merupakan tempat penyimpanan data-data yang kita simpan. begitu juga dengan pengertian sebuah hosting.

3. Apakah Saya Harus mengeluarkan uang untuk Sebuah Domain??
Jawabnya bisa ya, bisa juga tidak. Jawaban 'Ya' apabila anda ingin menggunakan domain seperti .com, .net, .org dan biaya pertahun relatif mura. Harganya berkisar antara Rp 55. 000 - Rp 120.000 per tahun. Jawaban 'tidak' apabila anda ingin menggunakan .co.cc, sebagai domain gratisan

4. Apakah saya Juga Harus mengeluarkan Biaya Hosting??
Tidak. karena kita sebagai pengguna blogspot pada khususnya akan diberikan kemudahan dengan mengarahkan ke server FTP eksternal yang dimiliki blogger.

5. Bagaimana cara melakukan Posting setelah Domain saya di rubah??
Bagi anda pengguna blogspot, tidak perlu khawatir karena setiap perubahan domain yang dilakukan tidak akan merubah cara memposting atau merubah template anda. Semua caranya sama seperti cara anda menggunakan blogspot. anda bisa mengaturnya seperti layaknya blog dengan menggunakan domain blogspot. dan begitu juga dengan wordpress versi berbayar.


6. Apakah saya harus mengerti PHP, MySQL, Flash dan lain-lain??
Tidak usah sama sekali, karena cara pengaturan seperti sudah saya sebutkan diatas adalah dilakukan di dashboard blogspot.

Jadi bagi anda yang sekarang masih menganggap remeh domain blogspot/wordpress karena anda telah menggunakan 'Custom domain' janganlah pernah mengatakan BLOGspot/Wordpress tidak profesional!!! karena tidak ada susahnya merubah domain blogspot ke .com, dan tidak harus mengerti bahasa-bahasa pemrograman. Biayanya pun murah. So..bagi anda yang masih menggunakan blogspot/wordpress gratisan tetep semangat...semangat dan tetep semangat, biarkanlah anjing menggonggong - kafilah berlalu.
karena hal tersebut hanyalah akan mematahkan semangat para pe-bisnis online baru yang

Jadi sekarang bagi anda yang menginginkan custom domain mari ikuti langkah yang saya akan saya berikan selanjutnya bagaimana Cara melakukan installasi Custom Domain Blogspot

Untuk langkah terbaik dan termudah anda bisa lihat di Installasi Setting DNS dan Domain menggunakan Namecheap

Blogspot Tidak Profesional??                                    Installasi Blogspot Custom Domain

Frustasi Google Adsense ???Miliki Adsense Weapons

85 comments:

sora on April 28, 2010 at 1:13 AM said...

terrimakasih atas infonya....

Lokcai on May 13, 2010 at 11:42 PM said...

Pak mnta pndapatnya y.,
saya bikn blog untuk band saya

agar tampilan halaman depan terkesan pro, kira" hrus d tambah apa lgi y.?

BIZURAI band

Devy Online on May 14, 2010 at 5:15 PM said...

@Lokcai: Untuk membuat sebuah blog yang bagus, sesuaikanlah isi artikel, tema dan gambar sesuai dengan niche yang anda pilih. Apapun yang akan anda tambahkan atau pasangkan haruslah saling berkaitan dengan tema yang anda pilih. Sehingga pengunjung akan merasa betah berlama-lama di blog anda

akur on May 15, 2010 at 1:22 AM said...

nice post gan... makasih..

ardy on May 17, 2010 at 7:38 PM said...

masih bingung gan mau dirubah pake domain apa? blogger new neh..
bagus infonya gan, disimpen dulu neh ilmunya.thank's

budiaman on May 25, 2010 at 5:56 PM said...

Trims ya atas infonya and salam kenal ya

bhonchuwh on July 29, 2010 at 1:54 AM said...

thx infonya boy,kunjungi juga bos,,,

Joel on August 4, 2010 at 12:27 AM said...

Thaks sekali kalau ada pertanyaa bisa bantu saya oke?...

akung on August 24, 2010 at 12:53 PM said...

bagaimana cara melakukan pembayaran paypal nya? mohon bantuannya thank

Devy Online on August 24, 2010 at 8:51 PM said...

@Akung: anda tinggal tambahkan saja dana dari paypal ke namecheap dengan mengikuti petunjuk yang diberikan. Disana anda tinggal memasukkan alamat email paypal anda dan jumlah nominal yang akan diambil dari paypal. anda disana bisa memasukkan dana lebih atau dana secukupnya hanya untuk pembelian domain / hosting yang akan anda beli

Andree Arief Pratama on August 31, 2010 at 5:36 PM said...

nice tips!

visit my blog:
itsablognews.blogspot.com

Mr. Ono on September 18, 2010 at 11:05 AM said...

Thank infonya gan, jadi berubah pikiran untuk pindah domain jadi dot com. Kalo ada yang murah ato gratis dengan fasilitas yang gak jauh beda, kenapa tidak?
Gan aku pengen buat blog, tentang handicraft tapi masih bingung agar atmpilan dan pengunjungnya banyak. Mohon saran dan ilmunya. Thank Sukses selalu. sarono

Didit Hacker on October 25, 2010 at 10:11 PM said...

makasih mas atas infonya......???
thanks....

HARGA LAPTOP on October 26, 2010 at 8:24 PM said...

setuju banget.... saya juga telah menggunakan blogspot selama ini, dan ternyata lumayan berhasil menjaring banyak pengunjung dan sedikit penghasilan tambahan.
salam
Harga Laptop

Berita Gadget on October 27, 2010 at 1:07 AM said...

Setuju bro. Jujur saja, sampai sekarang ini saya belum berminat pindah domain (com, net, org, ... dsb), karena suatu blog/site layak di perhitungkan kwalitasnya tidak harus memakai TLD (Top level domain), dengan blogspot/wordpress-pun blog anda bisa berkwalitas, tergantung bagaimana kita mengelolanya.

Arvel on November 9, 2010 at 8:02 AM said...

Tengkiu bos postingannya..
nyaba ke tempatku ya?kalao boleh tukeran link, ane pemaen baru ni,mo coba bisnis onlen heu...mohon bantuan..thanks

Anonymous said...

btul-btul... byk yg gunain domain com.
tp $$$$$$$$$$$$ nya mce kcil.
mzkpn blogspot??? mce mantep.....!!!!
yg pnting otak encer..

bisnisku on November 16, 2010 at 1:06 AM said...

Erlina: makasih banyak infonya..aq sdh punya blog hnya blm maksimal krn namanya blog coba2 hehe...beberapa waktu lalu aq sempet beli buku tentang "google ads" (yg cover dpnnya wrn hitam)punya Mas Dev, tp krn aq pemula jd blm terlalu paham, mdh2an dengan penjelasan Mas Dev Online ini, aq bisa mulai mencoba dan bisa..sukses buat Mas Dev..

agung shinaga p on November 22, 2010 at 7:26 AM said...

thanks guysssss....

Holan-Hukum on November 27, 2010 at 4:00 AM said...

dengan membaca blog ini,, saya jadi mengurungkan niat untuk merubah domain blogspot menjadi .com,,, lebih baik yg gratisan
oya gan,,, bimbing aku sebagai pemula, supaya ramai pengunjung di blog saya nehhh
thank's

Anonymous said...

betul...siippp

Anonymous said...

Sangat Membantu...

Blog oReo on December 24, 2010 at 6:15 AM said...

jadi ke singgung..soalnya artikel ku juga COPY - Paste,,

tapi terimakasih banyak ya mass,,ini bisa jadi masukan buat aku..!!

tisen on January 14, 2011 at 2:45 AM said...

keren bos...

Anonymous said...

benar banget bro, liat aja cinema3satu blog yang mangalahkan custom domain. kalo sempat berkunjung di mari hehe :)

Jari Jempol on January 23, 2011 at 1:38 AM said...

saya newbie bru mngenal blog sktar 2 tahun yg pnting kurangi copas :)

Ari Mukhti Imron on January 28, 2011 at 2:42 AM said...

makacih gan

Aquinoweblog on January 29, 2011 at 1:51 AM said...

aQ juga nyubi nih sob,,
semangat, semangat, semangat!!!

isur on February 7, 2011 at 8:38 AM said...

Iya bos, tetap semangat saja, tapi marah-marahnya sudah ya, aku mau ganti domain blog saya ini, sebaiknya gimana ya, apa blogspotnya dihilangkan. Oya apa bedanya kalo kita pake domain com, info, net, atau biz, paling bagus yang mana boss?

Sudra Khasta on February 10, 2011 at 5:06 AM said...

matab postinganya Gan, bwt penyemangat bloger newbie seperti saya. kalau sempet koreksi blogku http://bilikpuisi.blogspot.com

Indra, Sobatmu on February 16, 2011 at 11:31 AM said...

setuju skali,....juga trimakasih tipsnya. moga bermanfaat..bgi saya yang bener2 msh pemula...

aden09 on February 21, 2011 at 8:49 AM said...

mksh om info nya,,,jdi smangat lagi neh...mklum newbie...

tono suganda on March 7, 2011 at 7:55 PM said...

saya salah satu dari sekian banyak marketing online dan blog saya cukup banyak,
http://dutapertiwipetroindo.indonetwork.co.id
http://dutapertiwipetroindo.blogspot.com
http://dutabinapersada.indonetwork.co.id

saya mau mengunubah blogspot.com menjadi . com tapi kesulitan
mohon bantuannya thks ,,, salam bloger

toko online on March 14, 2011 at 12:35 AM said...

setuju boss.... semua IM pasti lewat yang gratisan dulu kan.... ayoo ngaku aja, gak mungkin langsung pake yg berbayar.... itu dah jd kebiasaan orang Indo bro... ane juga pake yg gratisan dulu di
http://www.onlinestationary.blogspot.com

warsito on March 14, 2011 at 5:12 AM said...

saya pemain baru bos mohon petunjuk untuk bisa bisnis online sy masih pake gratisan nih http://www.warsito.blogspot.com

Supriyadi Pro.com on April 3, 2011 at 6:34 PM said...

Sip mas, saya senang dengan artikel mas.

Aremania Balikpapan on April 13, 2011 at 12:20 AM said...

Selamat Siang
saya Punya Blog Komunitas linknya ini http://www.aremaniabalikpapan.co.cc/
apa kira2 yang kurang dan apa yg harus saya hilangkan di Blog saya ini
mohon petunjuknya
terima kasih

h3r1_54nd1 on April 16, 2011 at 8:50 AM said...

pak master.. saya baru saja bikin blog, dan saya pernah ikut daftar google adsence, tapi di tolak... :(
alasannya karena bukan top level domain...
trus saya mau costum domain, saya dapat yang $10,47 dari Domain.com, tapi saya ragu.. apakah nanti begitu saya bayar langsung terganti domain saya dari www.theherysandy.blogspot.com jadi www.theherysandy.com? atau ada yang harus di setting dulu? trus bagaimana saya posting?
mohon pencerahannya wahai pak master

Devy Rusdianto on April 16, 2011 at 9:50 AM said...

Heri: Setelah anda melakukan pembelian domain, ada beberapa yang harus di setting dulu. Agar mudah settingnya sebaiknya gunakan namecheap karena saya udah berikan tutorialnya di http://www.devyonline.me/2010/04/custom-domain-blogspot-terbaik-dan.html

Postingan seperti biasa saja tidak ada yang berubah

yuono on April 24, 2011 at 4:26 AM said...

sip...gan thx neh ats infonya....msh newbie...

nuansa osama obama on May 6, 2011 at 5:29 AM said...

Jadi tambah PD dengan blogspot.com dan wordpress.com

bank of science on May 7, 2011 at 8:38 PM said...

betul banget!!! itulah yang tidak professional!!! bicara seenaknya

Web Murah on May 13, 2011 at 9:52 PM said...

Bener gan, meski blogspot atua wordpress tapi tetap mantap loh. Tapi kalau mau coba ganti jadi .com bisa dibantu kok. Main ke tempat saya ya. Prosesnya cepat kok.

Wawan on May 23, 2011 at 11:32 AM said...

Keren Tutorialnya....

Anekacatok on May 24, 2011 at 7:56 PM said...

mantaf gan... hidup gratis dan berbagi... meski kadang memang minder gan... tapi ane baca tulisan sampean di atas semangat maning iki rek... biar anjing menggonggong g perlu lari cueks ajah... thanks semangatnya...

Tyara on June 4, 2011 at 1:27 AM said...

keren artikelnya maz...aq mw tanya nih, kalo misalnya udh kita ganti domain .com gitu, brarti sama aj kita masih tetep pake gratisan blogspot ya maz?

devand_bloG on June 5, 2011 at 9:59 AM said...

bagus.....
kalo seumpama saya udah beli hostingan ma domain tu caranya ubah blog saya jadi .com gimana caranya >???

yandhi on June 6, 2011 at 8:46 AM said...

mantepplah postingannya om :) salam blogger

anak nelayan on June 8, 2011 at 6:52 AM said...

terima kasih penjelasanya bos..mantab

niazuramaria on June 16, 2011 at 12:14 PM said...

kalau ada yang gratis??? kenapa harus yang berbayar???

blogger on July 4, 2011 at 9:31 AM said...

thanks infonya sob, tapi maaf,
blog Anda isinya "menghilangkan embel2 blogspot, tapi kok alamatx tetep http://devyonline.blogspot.com, apa Anda tidak mencoba dulu di sini?
profesional nggak ya?
hehehe... :-)

DADI HIDAYAT on July 4, 2011 at 7:50 PM said...

bener banget saya juga make .co.cc...
tapi tidak tahu resiko dan untungnya make domain itu...
mkaish ang ats infonya

kunjungi juga www.monoton.co.cc

masyonow on July 5, 2011 at 8:46 AM said...

Salam kenal... www.masyonow.blogspot.com

Madchiatho(Yusuf Ap) on July 6, 2011 at 10:42 PM said...

TOLONG DI BALES PENTING NIH
eh aku kan pake domain co.cc cara merubah kembali gimana ya ??
maksutnya kembali ke blogspot.com

komar on July 8, 2011 at 10:36 PM said...

gimana cara mengaplotnya bos dan hosting itu apa?

arisyoaris on July 19, 2011 at 11:52 PM said...

hemm...i like it,..boxoffice-100.blogspot.com

the equipment on August 2, 2011 at 2:07 AM said...

Nice posted man! so please revisit to my blog thanks.

FaDLi on August 9, 2011 at 2:40 AM said...

sapa yang jadi admin?
admin aneh,masa udah mosting domain tentang blogspot jadi com kok blog sendiri masih .blogspot.com? aneh enggak?

Anonymous said...

bisa tidak .com menjadi .ac.id

FREEKICK TUTORIAL (FOOTBALL) on August 18, 2011 at 7:58 AM said...

asslmualaikum.....

saya masih bingung tentang blog tolong bantu saya di http://freekicktutorial.blogspot.com itu blog saya tapa masih acak acakan.....

trimakasih
wss

Arifin on September 6, 2011 at 6:15 PM said...

ane newbie gan...thanks atas pencerahanya..pgn banget tuch merubah domain jadi (.com),,maklum masih newbie...tlg di lihat n di kritik gan blogku di www.letsbegins.blogspot.com tinggalin jejak ya gan

Nuddin on September 7, 2011 at 3:37 AM said...

setuju gan!!!! ane newbie ni gan, salam kenal ya

ZiPutra on September 29, 2011 at 11:49 AM said...

setuju tuh,ane juga newbie gan,tp gw boleh nanya gak bang cara mengambil hasil dari adf.ly gmana yah bang???maaf bang masih newbie trims sebelumx.

Dani al mahkya on October 1, 2011 at 3:30 AM said...

Thanks gan atas infonya, keren postingannya

Emira said...

Lebih gila lagi klo : udah blogspot artikelnya copas hahaha

Kalima on October 13, 2011 at 10:34 PM said...

setuju gan, jangan mentang2 naik dikit uda sombong dan makasih gan infonya semoga sukses

Irphan Ramadhan on October 22, 2011 at 9:54 PM said...

nice impoph gan',,,

datang gan ke blogspot ane, ane baru newbiw

http://ramadhan-share.blogspot.com

Berbagi Kreativitas on October 22, 2011 at 11:58 PM said...

Ini hanya sekedar penjelasannya ya..?? bukan step-stepnya..! Memang penjelasan itu sangat di butuhkan sebelum malakukan implementasi perubahan domain dari blogspot menjadi .com, tapi alangkah baiknya step-stepnyapun di share sesuai dengan judulnya. salam

Info Mobile on November 7, 2011 at 8:42 PM said...

Thanks buat infonya bos... :D

Michael Jeremia on November 9, 2011 at 2:34 AM said...

yaaah,bayar
ga jadi deh berhubung saya masih newbie jadi mendingan yg gratisan dulu deh hehehe
makasih banyak ya infonya

@ardi_faithful on December 3, 2011 at 4:49 AM said...

mau tanya , kalo pengen dibayar itu kebanyakan pake paypal. ada ga si yang pake atm bank lokal biasa?

UNTUNG PRIYADI on December 18, 2011 at 9:34 AM said...

nuhun infonnya newbie minta saran blogsaya lagi belajar

UNTUNG PRIYADI on December 18, 2011 at 9:35 AM said...

nuhun infonnya newbie minta saran blogsaya lagi belajar

Kampung Seni Yudha Asri on December 20, 2011 at 2:23 AM said...

Mantap Artikellnya...dua jempol bwt Artikelnya..
Menjelaskan dengan jelas dan detail..Like it...

iwan on December 20, 2011 at 5:31 PM said...

untuk pendatang baru seperti saya, terharu rasanya dengan catatan anda terima kasih untuk motivasi nya .

PINJAMANUANGCEPAT on January 2, 2012 at 6:44 AM said...

mantab sarannya....tkyu gan...klo bs kunjungin dong blog ane di http://pinjamanuangcepat.blogspot.com

imron on January 8, 2012 at 6:18 PM said...

blog saya udah bisa masuk di halaman pertama google kalo ganti, ngaruh nggak dengan posisi saya di google mas

muhhafidh on January 12, 2012 at 10:45 AM said...

thanks atas infonya,jgn lupa kunjungi blog kami ya

Muhammad Luqman Bukhori on January 17, 2012 at 8:59 PM said...

aku suka dengan artikel ini..
nice.. Kata-kata nya sangat menantang,, benar.. aku suka..

http://lbukhori.blogspot.com

TOKO BUKU PETERNAKAN ONLINE on January 20, 2012 at 5:22 AM said...

matur thankyu gan... moga makin sukses dan mantap perilmuan blog di indonesia.

Pomal Ambon on February 3, 2012 at 10:14 PM said...

TKS INFONYA

Rudi thea on March 3, 2012 at 2:50 PM said...

klo ada yg gratis ngapain cari yg berbayar" buang2 uang saja pemborosan mendingan buat beli kopi+roko sambil bikin posting btul gak agan2!!! artiklel bagus" salam bloger" mampir gan ya di:http://imeldaentertainment.blogspot.com/

khoirin on March 10, 2012 at 5:05 AM said...

thanks banget....

Nasrul Alimuddin on March 26, 2012 at 11:16 PM said...

Thx infox

Perangakat PembelajaranKTSP on April 1, 2012 at 5:17 AM said...

Postingan Anda bagus sekali dan anda banyak menguasai dunia blogger. Saya setuju sekali dengan pendapat anda di atas bahwa bagaimanapun orang pandai atau orang kaya selalu berawal dari tidak bisa dan tidak kaya. demikian juga dalam dunia blogger pasti kita akan mulai dari domain gratisan seperti blogspot dan wordpress tanpa mereka kita bukan apa-apa alias gak mungkin professional. Saya termasuk yang suka pakai bloggspot dan wordpress gratisan dan banyak tantangannya sehingga kita bisa belajar sedikit-sedikit. OK


Post a Comment

Silakan Tinggalkan Komentar Anda Disini dengan kata-kata yang Sopan dan bukan SPAM Comment. Dan Gunakanlah nama asli anda untuk meninggalkan comment disini

 

Komentar Anda

Ikuti Blog Devy Online